Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un -Telah Wafat KH Sahal Mahfuzh Kajen Pati Jawa Tengah (Rois 'Aam PBNU dan Ketua Umum MUI- lahul fatihah

DENGARKAN HADITS NABI S.A.W. LALU SEBARKANLAH

"Semoga Allah mencerahkan wajah orang yang mendengar hadist dari kami, kemudian menyampaikannya kepada yang lain." (HR Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya)

Jumat, 02 April 2010

UBAN NABI SAW


Diriwayatkan oleh Abu Kuraib Muhammad bin Al-A'la dari Mu'awiyah bin Hisyam dari Syaiban dari Abi Ishaq dari 'Ikrimah yang bersumber dari Ibnu 'Abbas r.a. :

Abu Bakar berkata, "Wahai Rosulalloh, sungguh anda telah beruban"

Rosulullah bersabda, "Surat Hud, Al-Waqi'ah, Al-Mursalat, 'Amma yatasa alun dan Izasy syamsu kuwwirot menyebabkanku beruban"


Diriwayatkan oleh Muhammad bin Musanna dari Abu Dawud At-Toyalisi dari Syu'bah bersumber dari Simak bin Harb r.a. :

Simak bin Harb r.a. mengungkapkan, "Aku mendengar Jabir bin Samuroh r.a. menjelaskan, setelah ditanya tentang uban Rosulullah s.a.w. :

"Apabila Rosululloh s.a.w. meminyaki rambut kepalanya, maka tidak terlihat uban di kepalanya. Sedangkan bila tidak meminyakinya terlihat sedikit uban di kepalanya"


Diriwayatkan oleh Ahmad bin Mani' dari Suraij bin Nu'man dari Hammad bin Salamah yang bersumber dari Simah bin Harb r.a. :

Pernah ada yang bertanya kepada Jabir bin Samuroh r.a. perihal uban di kepala Rosululloh s.a.w., ia menjawab, "Di kepala Rosululloh s.a.w. tidak terdapat uban, kecuali beberapa lembar pada belahan kepalanya (sisirannya). Apabila beliau memakai minyak, maka tertutuplah uaban itu karena minyak"

(Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah karya Imam at-Tirmizi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar