Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un -Telah Wafat KH Sahal Mahfuzh Kajen Pati Jawa Tengah (Rois 'Aam PBNU dan Ketua Umum MUI- lahul fatihah

DENGARKAN HADITS NABI S.A.W. LALU SEBARKANLAH

"Semoga Allah mencerahkan wajah orang yang mendengar hadist dari kami, kemudian menyampaikannya kepada yang lain." (HR Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya)

Selasa, 11 Mei 2010

KHUFF NABI S.A.W.


Khuff adalah sejenis kaos kaki, tapi terbuat dari kulit binatang. Khuff dibuat amat tipis dan tingginya menutupi mata kaki.

Khuff biasanya digunakan pada musim dingin untuk mencegah kulit kaki agar tidak pecah-pecah. Bila memakai khuff, biasanya masih memakai sepatu luar lagi yang disebut jurmuq.

Diriwayatkan oleh Hinad bin Sirri dari waki' dari Dalham bin Shalih dari Hujair bin 'Abdullah dari putera Buraidah bersumber dari Buraidah r.a. :

"Sungguh raja Najasyi memberi hadiah sepasang khuff berwarna hitam kepada Nabi s.a.w. lalu Nabi memakainya dan kemudian berwudu dengan (hanya) menyapu keduanya (yakni tidak membasuh kaki)"

Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa'id dari Yahya bin Zakariya bin Abi Zaidah dari al-hasan bin 'Isyasy dari Abi Ishaq dari Sya'bi bersumber dari Al-Mughiroh bin Syu'bah r.a.:

"Dihyah memberi hadiah sepasang khuff kepada nabi s.a.w., kemudian nabi s.a.w. memakainya. dan menurut Isroil dari Jabir dari 'Amir,"... dan jubah, lalu nabi memakainya sampai rusak. Nabi tidak mengetahui apakah sepasang khuff itu berasal dari kulit hewan yang disembelih atau bukan"

(Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah katya Imam At-Tirmizi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar